Obat Ginjal

Ginjal adalah organ utama yang mengeliminasi obat. Beberapa obat diekresi hanya setelah mengalami metabolisme atau biotransformasi oleh hati. Obat lain mungkin dieliminasi melalui ginjal tanpa perubahan. Bayi prematur memiliki fungsi ginjal yang belum matur. Pasien lansia mengalami penurunan fungsi ginjal terkait usia. Untuk membuat penyesuaian dosis bagi pasien dengan disfungsi ginjal, kita harus mengetahui derajat kerusakan ginjal pada seorang pasien dan persentase obat yang dieliminasi oleh ginjal. Derajat fungsi ginjal dapat dikuantifikasi melalui uji klirens kreatinin. Persentase tiap obat yang diekresikan oleh ginjal dapat ditentukan dari referensi farmakokinetik. Di samping itu, dosis obat dapat dioptimalkan dengan mengukur kadar obat dalam darah pasien dan melakukan perubahan yang diperlukan.

Ginjal manusia terletak retro-peritoneal dekat dinding posterior abdomen di kiri-kanan kolom verttebralis. Mereka berupa organ berbentuk kacang dengan panjang 10-12 cm, lebar 5-6 cm dan tebal 3-4 cm. Ginjal yang merupakan organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia juga tak pernah luput dari berbagai gangguan ginjal atau penyakit lain yang berdampak langsung pada penurunan fungsi ginjal.

struktur-ginjal-sebelah-kanan

Ginjal dapat terganggu oleh berbagai hal yang dapat menimbulkan penyakit dan kelainan pada tubuh. Beberapa penyakit yang dapat mengganggu fungsi ginjal adalah sebagai berikut :

1. Kencing manis (diabetes mellitus) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya hormon insulin sehingga urine banyak mengandung gula.

2. Kerusakan pada glomerulus akibat infeksi kuman sehingga urea dan asam urine masuk kembali ke darah. Adanya kerusakan pada alat filtrasi di ginjal yaitu glomerulus menyebabkan urine mengandung albumin dan protein.

3. Beser seni (diabetes insipidus) adalah suatu gangguan pada sistem ekskresi yang ditandai dengan kencing terus-menerus karena naiknya jumlah urine. Beser seni disebabkan tubuh kekurangan hormon antudiuretik (ADH).

4. Membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat dialirkan ke uar ginjal. Hal ini disebabkan terjadinya penyempitan saluran di ginjal oleh batu ginjal. Terjadinya batu ginjal ini karena adanya pengendapan bahan-bahan kimia, seperti kalsium, fosfat dan asam oksalat pada saluran ginjal.

Mereka yang telah terdeteksi terserang gangguan atau penyakit ginjal, umumnya menjalankan proses pengobatan dengan rajin cuci darah yang dapat dilakukan 1 minggu sekali, tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Tak hanya cukup dengan cuci darah, namun penderita diharuskan mengkonsumsi berbagai jenis obat-obatan ginjal yang diresepkan oleh para dokter.

Namun, pengobatan demikian tak selalu membuahkan hasil yang baik bagi pengembalian fungsi ginjal seperti semula. Ginjal yang terserang gangguan atau penyakit ginjal, ketika memasuki masa kritis atau kronis akan mengalami berbagai gangguan penyakit ginjal yang cukup serius. Bahkan mungkin beberapa diantaranya sampai menderita gagal ginjal sampai kanker ginjal. Pengobatan terakhir yang ditempuh adalah dengan melakukan transplantasi ginjal atau cangkok ginjal.

Ketika sudah diketahui mempunyai penyakit atau gangguan ginjal, atasi dan obati segera sebelum ganggun ginjal semakin parah. Selain dengan pengobatan medis, pengobatan ginjal juga dapat dilakukan dengan cara alami, seperti :

1. Mengkonsumsi air putih2 liter per hari atau lebh disesuaikan dengan kebutuhan. Air putih sangat diperlukan oleh ginjal dalam metabolisme berbagai unsur makanan maupun obat yang masuk ke dalam tubuh.

2. Rajin berolahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu

3. Hindari makanan atau minuman yang mengandung soda dan kafein tinggi. Karena soda dan kafein hanya memperburuk kerja dari organ ginjal

4. Jangan duduk terlalu lama, seseringlah bergerak agar tubuh tidak terlalu kaku. Hal ini penting dilakukan agar perut tidak selalu tertekuk dan fungsi organ-organ penting bagian dalam tidak tegang.


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>