Pemeriksaan Ginjal

Pemeriksaan faal ginjal dapat dilakukan dengan mengukur kadar ureum, kreatinin, laju filtarsi glomeruli dan akhir-akhir ini dikembangkan pemeriksaan cystatin –C. Ureum adalah suatu zat yang disintesis di hati yang berasal dari metabolisme protein. Kadar ureum ini di dalam darah dipengaruhi oleh intake protein, hidrasi, jenis makanan dan faal hati.

Kreatinin adalah zat yang dihasilkan oleh otot yang kadarnya di dalam darah tergantung dari umur dan jenis kelamin. Klirens kreatinin dapat dipakai untuk menguji faal ginjal. Uji ini sangat dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, volume urine 24 jam, kadar kreatinin  dalam darah dan urin. Untuk menghilangkan pengaruh tersebut diatas dipakai pengukuran laju filtrasi glomeruli dengan menghitung estimated glomerular filtartion rate (est GFR) dari kadar serum kreatinin yang dapat ditentukan secara empiris. Pemeriksaan ini lebih baik daripada penguuran kadar kreatinin karena pada kadar kreatinin normal, nilai estGFR sudah menurun sampai 50% seperti yang terlihat pada grafik

kreatinin-serumGambar : Grafik hubungan antara kreatinin serum dan est GFR

Pemeriksaan cystatin C adalah suatu protein dendogen yang tersusun dalam suatu rantai yang terdiri dari urutan 120 asam amino. Zat in adalah suatu peptide dalam serum dengan berat molekul 13 kD yang dihasilkan oleh semuua hal berinti di dalam tubuh yang mengandung DNA dengan jumlah yang tetap dan tidak dipengaruhi oleh proses radang serta keadaan patologik lain.

Cystatin C dibersihkan melalui filtrasi glomeruli, mengalami reabsorpsi dan metabolisme di tubuli proksimal ginjal, sehingga kadar cystatin–C di serum berbanding terbalik dengan nilai GFR. Uji cystatin C ini lebih tetap dan sensitif untuk mengetahui penurunan faal ginjal dibandingkan dengan pemeriksaan kadar kreatinin dan klirens kreatinin. Kadar cystatin C tidak dipengaruhi oleh berat dan tinggi badan, massa otot, ras (suku bangsa) dan intake protein. Oleh karena itu pemeriksan cystatin C bisa memprediksi resiko mengalami penyakit ginjal kronis dari disfaal ginjal praklinis. Selain itu uji cystatin C ini dapat dipakai sebagai penanda faal ginjal untuk penyesuaian dosis obat.

Harga XAMthone Plus

Obat Ginjal

Obat Ginjal Tradisional

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280

This entry was posted in Obat Ginjal and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.